11 Fakta Urine/Kencing Yang Bikin Heran

Kencing atau 'buang air kecil' merupakan proses dalam tubuh manusia yang alami dan normal. Tanpa kencing, kamu tidak bisa mengeluarkan limbah cair seperti air seni yang jika tidak dikeluarkan tentu saja bisa memberikan efek yang membahayakan.

Tapi tahukah kamu bahwa kencing ternyata tidak terlihat sesederhana seperti yang kamu bayangkan?

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang kencing, air seni dan kandung kemih yang mungkin akan membuat agan heran.

1. Aroma Kencing seringkali dipengaruhi oleh makanan yang kamu konsumsi. Namun, jika kencing yang kamu keluarkan berbau begitu busuk, maka kemungkinan terjadi infeksi bakteri pada saluran kemihmu. Dan jika kencingmu berbau manis, bisa jadi hal tersebut merupakan 'tanda awal dari diabetes'.

2. Rata-rata kebanyakan orang akan buang air kecil setidaknya 'tujuh kali dalam sehari' bergantung dengan jenis minuman yang mereka konsumsi dan berapa banyak jumlahnya.

3. Tahukah kamu bahwa kandung kemih manusia bisa menyimpan hingga '500 ml Urin' ? Jumlah ini setara dengan 5 sampai 6 gelas air.

4. Kencing merupakan cara untuk Detoksifikasi tubuh yang alami untuk mengeluarkan semua limbah yang tidak dibutuhkan.
* Detoksifikasi, yaitu lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh, dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi dan ekskresi molekul toksin.
5. Urin akan keluar melalui uretra yang terhubung ke kandung kemih. Namun tahukah kamu bahwa wanita memiliki uretra yang panjangnya 3-4 cm dan pria memiliki uretra dengan panjang 20 cm.

6. Saat usiamu semakin tua, maka keinginanmu untuk buang air kecil akan semakin melemah. Hal ini disebabkan karena lapisan kandung kemih dan uretra kurang lentur karena pengaruh usia. Makanya, puasin itu buang air kecil.

7. Warna Urin ternyata juga mempengaruhi kesehatan kamu.Warna urin yang kuning muda menunjukkan bahwa asupan airmu cukup. Sementara jika urinmu berwarna kuning tua, maka menunjukkan bahwa mengalami dehidrasi. Lalu jika urinmu berwarna cokelat, bisa jadi kamu mengalami masalah hati yang serius. Kemudian, jika kencingmu berwarna merah maka kemungkinan kamu mengalami masalah yaitu infeksi ginjal yang serius.

8. Jika kamu kencing berbusa, maka bisa jadi ini disebabkan oleh infeksi atau peningkatan gula dalam urin yang disebabkan oleh diabetes. Kurangi lah mengkonsumsi minuman yang manis.

9. Batu ginjal yang berukuran kecil ternyata dapat keluar melalui kencing dengan proses yang menyakitkan.

10. 95% dari Urin terdiri dari Air. Kemudian 3% adalah Urea dan sisanya merupakan senyawa lain.

11. Kencing ketika sedang Orgasme adalah hal yang sulit karena leher kantung kemih menutup selama kamu Berhubungan Seksual.

Itu dia 11 dari Fakta 'Kencing atau Urin' yang saya tulis. Semoga Bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "11 Fakta Urine/Kencing Yang Bikin Heran"

Posting Komentar