Transgender? Apakah Sama Dengan Transeksual?


Transgender? Mungkin istilah itu udah sering kali kita dengar di Media Sosial kita. 
Ternyata ada perbedaan mendasar mengenai jenis kelamin dan gender.

Menurut yang saya tau, jenis kelamin sudah ditentukan saat kita lahir, hal ini berhubungan dengan status biologis apakah kita terlahir dengan jenis kelamin perempuan atau laki-laki. Jenis kelamin juga berhubungan dengan keadaan secara fisik seperti kromosom, hormon, dan organ anatomi internal dan eksternal. 

Sedangkan Gender mengacu pada aturan yang ditentukan oleh lingkungan sosial, kebiasaan, kegiatan, dan hal – hal yang menurut masyarakat sesuai untuk seorang pria atau wanita. Bentukan gender mempengaruhi cara orang bersikap, berinteraksi dan berfikir tentang jati diri mereka masing-masing.

Jadi, apasih Transgender? Jadi Transgender adalah istilah umum yang digunakan untuk orang-orang yang memiliki identitas gender, pengekspresian gender, dan perilaku yang tidak sesuai dengan bentuk lahir mereka, biasanya untuk hal–hal yang berkaitan dengan seksualitas.

Identitas 'Transgender' digunakan untuk seseorang yang dalam perasaan internalnya tidak sesuai dengan bentuk lahirnya atau bentuk fisiknya, semisal seseorang yang memiliki tubuh pria namun dengan jiwa wanita terjebak di dalamnya atau sebaliknya.

Ekspresi gender mengacu pada cara seseorang berekspresi dan berkomunikasi. Sedangkan identitas gender mengacu pada cara berkomunikasi seseorang dengan orang lain mengenai ekspresi gender melalui perilaku, gaya rambut, suara atau karakteristik tubuh.

Ada juga yang berkata bahwa Transgender adalah orang yang cara berperilaku atau penampilanya tidak sesuai dengan peran gender pada umumnya. Perilaku Transgender itu lah yang mungkin membuat beberapa orang mengganti jenis kelaminya,seperti pria menjadi wanita begitu pula sebaliknya.



Apakah Transgender sama dengan Transeksual? Ternyata berbeda, karena Transeksual adalah orang yang secara biologis merasa identitas gendernya berbeda dengan jenis kelaminnya. Biasanya, mereka merasa kalau diri mereka terjebak dalam tubuh atau fisik yang salah. Misal, cowok yang merasa kalau ia sebetulnya adalah seorang cewek yang terperangkap dalam fisik laki-laki. Makanya, cowok Transeksual punya kecenderungan untuk menyukai sesama jenis(gay atau lesbian) daripada seorang Transgender.

Jadi itulah sedikit artikel tentang Transgender, dan sedikit perbedaan tentang Transeksual yang Admin tulis. Semoga dapat membantu, terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Transgender? Apakah Sama Dengan Transeksual?"

Posting Komentar